5 Fakta Unik Bulan Ramadhan

Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu oleh umat Islam karena keistimewaannya. Selain puasa, di bulan suci ini banyak sekali amalan yang bisa dilakukan.

Namun ternyata ada fakta unik seputar Ramadhan yang masih belum diketahui banyak orang.

  1. Bulan Ramadhan Maju Ditiap Tahunnya

Ramadhan datang kira-kira 10 hari lebih awal dari tahun sebelumnya. Hal ini karena Ramadhan tidak mengikuti kalender masehi melainkan kalender Hijriah.

Islam memiliki penanggalan tersendiri dalam menghitung hari, termasuk menentukan datangnya Ramadhan.

  1. Bulan Ramadhan Adalah Perayaan Asal-usul Agama Islam

Lailatul Qadar menandai akhir Ramadhan dan merayakan malam ketika Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad. Umat ​​Islam percaya bahwa berdoa Malam Kemuliaan lebih baik daripada beribadah seribu bulan.

  1. Puasa Bukan Hanya Sekedar Menahan Dahaga dan Lapar

Puasa: pengendalian diri, termasuk menahan diri dari hawa nafsu, emosi, dan kejahatan.

Puasa juga merupakan cara untuk membersihkan jiwa dari prasangka buruk, dan justru untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ramadhan adalah cara untuk memperbaiki diri, belajar untuk lebih menerima, ikhlas, dan memaafkan kesalahan.

  1. Ibadah Lebih Diperkuatkan

Selama bulan Ramadhan, prioritas diberikan untuk sholat dan ibadah, terbukti dengan semakin seringnya sholat yang disebut sholat Tarawih, dan pengulangan dan pembacaan Alquran di masjid.

Jangan lupa untuk mengucapkan doa yang diinginkan karena dikatakan bahwa Allah SWT lebih mudah untuk menjawab doa yang diucapkan selama puasa Ramadhan.

  1. Tidak Semua Umat Muslim Diharuskan Puasa
  Fakta Unik Dan Sejarah Kompor

Meskipun puasa di bulan Ramadhan hukumnya wajib, namun ada beberapa jenis orang yang boleh berbuka, misalnya orang tua yang tidak bisa berpuasa lagi, pasien yang tidak mampu berpuasa, dan orang yang bepergian jauh. Jarak, atau wanita hamil dan menyusui, asalkan Anda membayarnya nanti.

Juga, tidak diperbolehkan bagi seorang wanita yang sedang berpuasa untuk berpuasa, melainkan mereka harus membayar apa yang tidak dia puasa pada hari lain. Anak yang belum baligh tetap diperbolehkan sarapan tanpa harus membayar hutang puasa.

Demikian itulah 5 Fakta Unik Bulan Ramadhan, semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah ilmu pengetahuan bagi pemaca semuanya. Masih banyak beberapa sejarah dan fakta unik dari para penemu, hanya ada di Gudangjawaban.com. Terimakasih

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA