Beberapa Contoh Soal Essay Tentang Perkembangan Islam

Berikut ini adalah pembahasan dan Contoh Soal Essay Tentang Perkembangan Islam, soal ini dibuat untuk membantu mengerjakan Soal Tentang Perkembangan Islam.

Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban ini adik-adik dapat menyelesaikan tugas Soal Tentang Perkembangan Islam yang diberikan bapak/ibu guru.

Dibawah ini Beberapa Contoh Soal Essay Tentang Perkembangan Islam :

  1. Jelaskan bukti-bukti bahwa masuknya Islam di Indonesia berasal dari Persia!
    Jawaban:
    Tradisi merayakan 10 Muharram yang ada di Pariaman berupa tradisi Tabot atau Tabuik dan belajar membaca bahasa Arab dengan jeer, pees, dan jabar.
  2. Siapa saja pendukung teori Mekah?
    Jawaban:
    Pendukung teori Mekah, antara lain Hamka, Anthony M. John, Van Leur, Crawfurd dan Syed Muhammad Naguib al-Atas
  3. Sebutkan sembilan wali yang berperan dalam syiar Islam di Pulau Jawa!
    Jawaban:
    Walisanga terdiri atas Maulana Malik Ibrahim, Sunan Kalijaga, Sunan Gunung Jati, Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Kudus, Sunan Muria, dan Sunan Drajat.
  4. Sebutkan berbagai saluran islamisasi di Indonesia!
    Jawaban:
    Saluran islamisasi melalui perdagangan, perkawinan, pendidikan, tasawuf, dakwah, dan kesenian.
  5. Jelaskan yang dimaksud dengan Pekojan!
    Jawaban:
    Pekojan adalah perkampungan para pedagang muslim yang ada di tepi pantai, bandar atau pelabuhan. Menurut KBBI, Pekojan adalah kampung yang pada awalnya ditempati atas orang Koja dari India Selatan, tetapi kemudian dikenal sebagai kampung orang Arab.
  6. Jelaskan masa awal perkembangan agama Islam di Indonesia
    Jawaban:
    Agama islam masuk melalui para pedagang dari india dan arab.karena faktor-faktor tertentu yang membuat masyarakat islam tertarik dengan islam dan semangat para penganut islam untuk terus menyebarkan agama ini maka dengan mudah islam menyebar ke seluruh indonesia.
  7. Ceritakanlah dengan singkat proses munculnya agama islam ke indonesia
    Jawaban:
    Kapan tepatnya agama islam mulai masuk ke Indonesia tidak di ketahui. Ada pendapat bahwa agama islam masuk ke indonesia pada abad ke 12 M, karena pada abad tersebut muncul kerajaan samudra pasai yang bercorak islam.menurut Snouck Horgronje, islam di bawa ke indonesia oleh para pedagang dari gurajat (India).
  8. Bagaimana pedagang arab dan gurajat menyebarkan islam di Indonesia?
    Jawaban:
    – Pedagang india (gurajat), selain berdagang mereka aktif mengajarkan agama dan kebudayaan islam kepada setiap masyarakat yang mereka jumpai
    – Pedagang arab, mereka datang ke indonesia sejak masa kerajaan sriwijaya dan menguasai jalur pelayaran perdagangan wilayah Indonesia bagian barat.
  9. Jelaskan peranan para wali dalam menyebarkan agama islam
    Jawaban:
    Para wali bertindak sebagai juru dakwah, penyebar, dan perintis agama islam. Dengan bekal pengetahuan agama dan keahlian tersebut, para wali mendapatkan banyak pengikut dan sangat dihormati.
  10. Uraikan bagaimana taktik portugis untuk menguasai ternate dan tidore
    Jawaban:
    Bangsa portugis mendirikan benteng bernama Sao paolountuk melindungi kerajaan ternate dari serangan kerjaan tidore, namun hal itu hanyalah taktik agar dapat bertahan dan menguasai ternate.kemudian bangsa portugis membunuh Sultan Hairun yang berkuasa di kerajaan Ternate dengan cara mengundangnya ke benteng lalu membunuhnya.
  Contoh Soal Materi Perkembangan Islam Di Indonesia

Itulah Beberapa Contoh Soal Essay Tentang Perkembangan Islam.

Itulah dia pembahasan dan Contoh Soal Essay Tentang Perkembangan Islam. Semoga bermanfaat untuk adik – adik semua. Jika ada yang belum jelas bisa ditanyakan di kolom komentar Gudangjawaban.com.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA