Beberapa Fakta Unik Tentang Matematika

Agniijo Banerjee, bocah 13 tahun dengan IQ 162, mengungkap fakta unik tentang matematika dalam buku barunya, Strange Mathematics: At the Edge of Infinity and Beyond.

Ada banyak fakta unik matematika yang diungkapkan oleh anak ini.

Berikut adalah beberapa di antaranya :

  1. Teori sandwich daging

Dalam matematika, ada teori yang berhubungan dengan sandwich.

Sandwich yang terdiri dari lapisan roti, keju, dan daging disebutkan dalam teori ini dan dapat dibagi menjadi dua bagian yang sama dalam satu irisan.

Ternyata, konsep “sandwich” dapat diterapkan tidak hanya pada sandwich itu sendiri, tetapi juga pada tingkat galaksi.

Dalam skala yang lebih besar, teori ini masih bisa diterapkan. Misalnya, dalam lima dimensi, lima benda, terlepas dari bentuk dan posisinya, ketika dipotong akan menghasilkan potongan yang sama persis.

Jumlah terbesar yang digugat seorang pria New York karena dia digigit anjing gila. Jumlah yang dibutuhkan adalah 2 triliun triliun rupiah. Nilainya jauh lebih besar dari yang ditemukan di lapangan.

Dalam matematika, ada istilah googol dan googoplex. 1 gogool sama dengan 10 pangkat 100. Sedangkan 1 googoplex sama dengan 10 pangkat 10 pangkat 100. Saking besarnya, dibutuhkan ruang ekstra di alam semesta untuk menuliskannya.

  1. Melihat dalam 4 Dimensi

Matematikawan Inggris Charles Hinton mempelajari persepsi objek dalam empat dimensi. Alat yang dia gunakan adalah “kubus hinton”. Secara umum, manusia merekonstruksi gambar dimensional dari gambar yang terletak di retina, yang pada dasarnya adalah permukaan datar.

  Beberapa Fakta Unik Dan Sejarah Internet

Bayangkan jika kita memperbesar dimensi dengan semacam pemindai yang menyediakan alat seperti retina 3D? Mungkin akan segera terwujud

  1. Misteri bilangan prima

Hipotesis Riemann terus dipecahkan karena menjadi masalah utama matematika.

Hipotesis ini berkaitan dengan distribusi bilangan prima. Keunikan bilangan prima adalah hanya dapat dibagi satu dan bilangan itu sendiri.

Jika hipotesis Riemann terbukti benar, akan dikatakan bahwa meskipun kemunculan bilangan prima tidak pasti, setidaknya sedikit kemungkinannya.

  1. Grand master baru

Magnus Carlissen, juara catur dunia, menjadi pecatur berperingkat tertinggi dengan skor 2.882 pada tahun 2014.

Nilai ini masih jauh dari mesin catur paling bertenaga, lebih dari 3.400.

Tahun 2005 menjadi tahun terakhir manusia mampu memenangkan pertandingan catur melawan komputer dalam permainan catur di komputer. Sejak itu, tidak ada lagi yang bisa mengalahkan komputer. Komputer telah menjadi lebih kuat.

Komputer juga mengungguli manusia dalam permainan yang lebih sulit, yang disebut Go. Nomor satu dunia Ke Jie kalah tiga pertandingan dari komputer pada tahun 2017

Demikian itulah Beberapa Fakta Unik Tentang Matematika, semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah ilmu pengetahuan bagi pemaca semuanya. Masih banyak beberapa sejarah dan fakta unik dari para penemu, hanya ada di Gudangjawaban.com. Terimakasih

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA