Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 245 Aktivitas Individu

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 245 Aktivitas IndividuBerikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 245. Bab 4 Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi Bab IV Hal 245 Nomor 1 – 4. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ips bagi kelas 9 di halaman 245.

Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban Aktivitas Individu bab 4 ips kelas 9, adik-adik kelas 9 dapat menyelesaikan tugas Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi Kelas 9 Halaman 245 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban Aktivitas Individu Bab IV IPS Kelas 9.

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 245 Aktivitas Individu

a. Pelajari kembali uraian mengenai perkembangan politik pada masa Demokrasi Parlementer! 

b. Deskripsikan peristiwa-peristiwa yang berkaitan perkembangan politik pada masa Demokrasi Parlementer pada kolom berikut!

1. Jatuh bangunnya kabinet

Jawaban : Perselisihan antara partai politik yang terjadi pada masa demokrasi parlementer mengakibatkan banyak terjadi mosi tidak percaya oleh masyarakat dan pencabutan dukungan terhadap pemerintahan perdana menteri. Sehingga perdana menteri harus mengembalikan tugasnya ke presiden.

2. Pemilu 1955

Jawaban : Pemilu Indonesia 1955 adalah pemilihan umum pertama di Indonesia yang diadakan setelah 10 tahun kemerdekaan bangsa Indonesia yaitu pada tahun 1955. Pemungutan suara pada pemilu ini dilakukan sebanyak dua kali yaitu :

  1. Tahap pertama adalah Pemilu untuk memilih anggota DPR.
  2. Tahap kedua adalah Pemilu untuk memilih anggota Konstituante.
  Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 117 Aktivitas Kelompok

3. Gangguan keamanan

Jawaban : Gangguan keamanan yang terjadi di Indonesia pada masa demokrasi parlementer beberapa diantaranya yaitu :

  • a) Kekecewaan anggota KNIL dan KL terhadap APRIS, contohnya pemberontakan APRA dan Andi Azis.
  • b) Kecemburuan daerah luar Jawa terhadap kemajuan Jawa, contohnya pemberontakan PRRI-Permesta.
  • c) Keinginan untuk melepaskan diri dari NKRI, contohnya pemberontakan RMS.

4. Konferensi Asia Afrika (KAA)

Jawaban : KAA adalah sebuah konferensi yang diadakan antara negara-negara Asia dan Afrika yang pada saat itu kebanyakan negara-negara tersebut baru saja memperoleh kemerdekaan. Tujuan dari konferensi tersebut adalah untuk menggalang persatuan dan kesatuan negara-negara di Asia dan Afrika demi tercapainya keselamatan dan kedamaian dunia.

Itulah dia pembahasan dan Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 245. Bab 4 Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi Bab IV Hal 245 Nomor 1 – 4, semoga bermanfaat untuk adik – adik semua. Jika ada yang belum jelas bisa ditanyakan di kolom komentar Gudangjawaban.com.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA