Silabus Kelas 5 K13 Terbaru Semester 1

Anda sebagai guru kelas 5 tentunya perlu persiapan matang sebelum tampil di depan siswa. Hal ini Anda lakukan tentunya agar kegiatan proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik dan benar.

Guru membutuhkan perencanaan yang matang untuk mempersiapkan semua kegiatan pendidikan, dan di antara persiapan tersebut adalah desain perangkat pembelajaran untuk kelas 5.

Namun banyak juga guru yang mengabaikan peran Kurikulum Kelas 5 Semester 1 K13 dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah dasar. Beberapa guru merasa bahwa mengajar lebih peduli pada proses, dan tidak mengharuskan semua orang untuk merencanakan tatap muka.

Jadi apa sebenarnya kurikulum sebagai bagian dari rencana pendidikan?

Kurikulum SD merupakan hasil pengembangan Satuan Pendidikan Sekolah Dasar bagi Guru untuk dijadikan acuan pendidikan bagi siswa yang memenuhi Standar Isi (SI) dan Standar Kecakapan Lulusan (SKL) yang mengikuti prinsip-prinsip Kurikulum 2013 .

Setelah guru menyusun masing-masing kompetensi inti yang ada, langkah selanjutnya adalah merancang silabus tematik untuk kelas 5 Semester 1. Revisi terbaru dapat digunakan, semuanya tergantung pada jenis buku yang digunakan sekolah sebagai bahan ajar. untuk guru.

Formulir Kurikulum SD Kurikulum 2013

Guru juga harus mengetahui seperti apa format yang baik dalam menyusun acuan RPP dari Kurikulum K13 Kelas 5, yaitu sebagai berikut:

  • Identitas temapelajaran
  • KI atau Kompetensi Inti
  • KD atau kompetensi dasar
  • Materi Pembelajaran
  • Kegiatan belajar sekolah
  • Indikator prestasi siswa
  • Sistem penilaian guru
  • Alokasi waktu
  • Sumber/bahan mengajar

Agar lebih jelas, Anda dapat melihat contoh format dari gambar di bawah ini:

Format Kurikulum K13 Kelas 5 Semester 1

Hal yang harus diperhatikan guru jika ingin mengembangkan Silabus Kurikulum 2013 adalah mengidentifikasi indikator dan mengalokasikan waktu yang tepat.

Jika ingin mengubah kompetensi inti menjadi indikator pembelajaran HOTS untuk mengasah kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Maka Anda harus menggunakan kata kerja operasional C4, C5, atau bahkan C6 sesuai taksonomi bloom.

Untuk menentukan alokasi waktu, Anda perlu membuat rincian minggu pengajaran kelas lima yang efektif terlebih dahulu. Sehingga ia bisa menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu kompetensi inti yang kemudian dituangkan ke dalam silabus mata pelajaran yang diajarkan.

Misalnya, jika Anda ingin mendefinisikan waktu mengajar secara lebih rinci dan komprehensif, Anda dapat menghitungnya dengan menetapkan kompetensi inti ke kelas 5. Karena dalam format, setiap bidang studi dijelaskan dalam KWD yang akan menjadi sasaran setiap pelajaran.

Tapi, jika tidak ingin bosan melakukannya, ikuti saja format 24 JP untuk mengalokasikan pembelajaran sesuai silabus berikut, alasannya adalah Anda adalah seorang guru sekolah dasar yang biasanya bekerja selama satu minggu per 24 jam tatap muka. untuk menghadapi.

Download Silabus K13 Kelas 5 Semester 1

Contoh Silabus K13 SD format .doc terdiri dari gabungan mata pelajaran IPA, Bahasa Indonesia, IPS, PKn, dan SBdP. Dalam mengajar setiap bidang studi, kelas menggunakan pendekatan topikal yang telah disesuaikan dengan Buku Kurikulum 2013 revisi terbaru.

Untuk mendownload Silabus silahkan klik link berikut :

sampul

Download Button

Tema 1

Download Button

Tema 2

Download Button

Tema 3

Download Button

Tema 4

Download Button

Tema 5

Download Button

Selain sebagai acuan guru dalam mengajar, silabus juga dapat menjadi pedoman dalam merancang rencana pembelajaran (RPP) kelas 5. Sehingga berdampak besar pada setiap kegiatan yang akan dilakukan siswa nantinya.

Adapun beberapa manfaat yang didapat guru melalui Kurikulum 2013, yaitu:

  1. Menjadi pedoman dalam menyusun RPP, mengelola kegiatan kelas, menjadi sumber belajar dalam mengembangkan sistem penilaian
  2. Berikan garis besar rinci tentang program yang diperlukan untuk setiap mata pelajaran
  3. Kriteria menentukan keberhasilan program pembelajaran
  4. Mendokumentasikan pelaksanaan pekerjaan guru

Demikian beberapa silabus diatas yang bisa anda download untuk membantu progam kegiatan belajar yang akan di pelajari, semoga bermanfaat. dan masih banyak silabus berbagai kelas langsng saja kunjungi Gudangjawaban.com.

  Silabus Kelas 2 Semester 1 dan 2 K13 Revisi Tematik
  Silabus Kelas 5 K13 Terbaru Semester 2

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA