Silabus Kelas 6 K13 Terbaru Semester 2

Pendidikan dasar (SD) telah mengalami perubahan dalam menyajikan mata pelajaran dalam bentuk yang objektif. Topik-topik seperti: IPA, Matematika, IPS, Bahasa Indonesia, SBdP dan PKn digabungkan menjadi satu kesatuan dengan topik tertentu. Akibatnya, desain perangkat pembelajaran seperti silabus semester enam untuk semester kedua juga mengalami perubahan.

Saat mengkonfigurasi perangkat pembelajaran, tentunya Anda perlu memahami kompetensi pedagogik, khususnya dalam pemilihan dan penyelarasan metode, metode, model, dan penilaian yang tepat untuk memudahkan pemahaman siswa tentang makna pembelajaran yang sebenarnya.

Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki dalam mengembangkan Kurikulum 2013 berupa Kurikulum K13 Kelas 6 dan RPP berdasarkan keselarasan dengan kompetensi inti dan kompetensi inti dari acuan standar sekolah.

Review Silabus K13 SD

Buku guru sebagai pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, akan memiliki peran penting yang harus diketahui guru. Oleh karena itu, guru harus mengetahui dan memahami struktur buku guru, dalam rangka merancang Kurikulum 2013.

Dalam struktur buku induk terdapat beberapa bagian, seperti Tata Tertib Lomba (SKL) dan Kompetensi Inti (KI), Ketrampilan Dasar 1 dan 2, Pemetaan Kompetensi Inti 3 dan 4, dan Pemetaan Indikator Pembelajaran.

Guru memerlukan perencanaan yang singkat agar dapat menyusun teknik, metode, model, dan penilaian untuk meningkatkan kegiatan belajar mengajar.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menyusun silabus kelas 6 untuk semester kedua yang berisi ringkasan tentang apa yang akan terjadi selama proses belajar mengajar.

Dalam menghadapi pembelajaran di Semester 2, tentunya guru harus bekerja ekstra karena siswa kelas VI akan menghadapi USBN dan ujian akhir sekolah. Sahabat sebagai guru membutuhkan perencanaan yang matang.

Sebagai seorang guru kelas 6 tentunya membutuhkan perencanaan yang matang dalam menangani kegiatan pembelajaran yang berlangsung pada Semester 2. Karena pada semester 2 ini siswa akan menghadapi apa yang disebut dengan Ujian Akhir Sekolah dan USBN untuk dapat lulus dari sekolah tersebut.

Silabus merupakan pedoman guru sekolah dasar yang dapat dijadikan acuan utama dalam merancang rencana pembelajaran (RPP) agar kegiatan mengajar menjadi lebih baik dan profesional.

Perlu teman-teman ketahui bahwa dengan perencanaan silabus tidak hanya pelaksanaan tugas dan kewajiban saja, tetapi juga kenyamanan siswa. Hal ini untuk mewujudkan pendidikan yang lebih positif, dinamis, efektif dan efisien. Terutama dalam membimbing siswa menuju perubahan.

Format Silabus Kelas 6

Mampu menerapkan dan membuat pengaturan yang tepat untuk setiap komponen kurikulum yang akan digunakan dalam pembelajaran adalah tugas guru.

Namun faktanya, banyak yang percaya bahwa banyak guru bahkan tidak tahu seperti apa silabus sebagai alat pengajaran untuk silabus 2013.

Dalam hal kewajiban guru, Anda harus memahami format dan komponen yang benar sehingga Anda dapat menyusun silabus semester enam untuk semester kedua yang merupakan bagian terpenting dari perencanaan pembelajaran.

Komponen kurikulum tersebut adalah:

  1. Identitas
  2. Kompetensi Inti
  3. Mata Pelajaran
  4. Kompetensi Dasar
  5. Indikator
  6. Materi pembelajaran
  7. Penguatan Pendidikan Kepribadian (PPK)
  8. Penilaian
  9. Alokasikan waktu
  10. Sumber Belajar

Format Kurikulum SD K13

Topik yang dibahas dalam silabus adalah:

  • Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn)
  • Ilmu Sosial (IPS)
  • Bahasa Indonesia (B.Indo)
  • Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
  • Matematika
  • SBdP (Seni Budaya dan Prakarya)

Download Silabus K13 untuk kelas 6 semester 2

Silabus merupakan dokumen administrasi yang perlu disiapkan guru sebelum melakukan proses tatap muka dengan siswa. Sehingga menjadi syarat pengajaran guru sebagai acuan untuk tahap awal kesiapan.

Kegagalan mengajar seorang guru biasanya disebabkan oleh perencanaan kegiatan mengajar yang salah. Ini merupakan faktor penting yang harus dipelajari oleh guru agar dapat menciptakan kondisi yang baik bagi siswa untuk belajar lebih serius.

Kami berbagi 4 sumbu dalam kurikulum. Sedangkan setiap perangkat menggunakan format .doc (dokumen). Jika Anda ingin mengeditnya, gunakan program Microsoft Office seperti itu.

Silakan klik tombol Download berikut untuk mendapatkannya.

Sampul

Download Button

Tema 6

Download Button

Tema 7

Download Button

Tema 8

Download Button

Tema 9

Download Button

Demikian beberapa silabus diatas yang bisa anda download untuk membantu progam kegiatan belajar yang akan di pelajari, semoga bermanfaat. dan masih banyak silabus berbagai kelas langsng saja kunjungi Gudangjawaban.com.

  Silabus Kelas 2 Semester 1 dan 2 K13 Revisi Tematik
  Silabus K13 Semua Pelajaran Kelas 8 Revisi Terbaru
  Silabus Kelas 6 K13 Terbaru Semester 1

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA