Silabus Kelas 6 K13 Terbaru Semester 1

Silabus Kelas 6 Semester 1 merupakan kerangka pendidikan yang berisi ringkasan singkat untuk merencanakan kegiatan belajar siswa. Rencana tersebut menjadi acuan dalam penyusunan setiap artikel atau topik.

Salah satu komponen terpenting adalah materi pendidikan yang memuat konsep, prinsip, dan fakta relevan yang dirumuskan guru sebagai indikator pencapaian siswa. Desain harus begitu terstruktur dan terstruktur sehingga menjadi alat pembelajaran.

Oleh karena itu, Silabus Revisi K13 Kelas 6 merupakan salah satu langkah utama bagi guru untuk merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk setiap topik yang diajarkan guru pada Silabus Semester 1 K13 ini.

Review Silabus K13 SD

Silabus merupakan sumber utama persiapan belajar menurut Standar Nasional Pendidikan. Program ini berguna sebagai panduan untuk mengelola perencanaan kegiatan. Seperti pembelajaran objektif, belajar kelompok kecil atau belajar individu. Padahal, alat ini sangat berguna untuk mengembangkan sistem perekaman.

Guru adalah guru yang berperan sebagai model pembinaan karakter. Sebagai pendidik karakter, guru harus membekali peserta didik dengan nilai-nilai kehidupan positif yang bermanfaat bagi peserta didik saat ini dan di masa yang akan datang.

Pembelajaran objektif yang sarat dengan efisiensi kemajuan bangsa terletak pada karakter yang dimiliki bangsa. Karena kepribadian sangat diperlukan dan mendasar bagi perkembangan peserta didik. Siswa kelas enam dengan kepribadian yang kuat baik secara individu maupun sosial adalah mereka yang memiliki akhlak dan kepribadian yang baik.

Lembaga pendidikan tidak sepenuhnya mengabaikan masalah kepribadian atau moralitas, namun fenomena yang terjadi merupakan indikasi kegagalan lembaga pendidikan dalam mendidik manusia Indonesia yang berakhlak mulia.

Hal ini dikarenakan pelajaran di sekolah tentang ilmu agama dan akhlak diserahkan hanya kepada guru agama. Padahal, guru kelas enam memegang peranan penting dalam pengembangan akhlak mulia siswa.

Oleh karena itu, guru harus memaksimalkan kegiatan pembelajarannya dengan memasukkan Pengembangan Peningkatan Pendidikan Karakter (PPK) ke dalam Perangkat Pembelajaran Kelas 6 K13. Sehingga proses belajar siswa dilakukan lebih efisien dan efektif.

Sehingga guru yang baik membawa perubahan ke arah yang lebih baik, menjadikan siswa cerdas, mampu memahami dan memecahkan masalah yang dihadapinya serta membangun karakter positif.

Oleh karena itu, guru yang merancang perangkat pembelajaran perlu memperhatikan banyak faktor, salah satunya adalah kepribadian siswa dan mata pelajaran serta mengikuti penilaian berdasarkan kompetensi inti masing-masing mata pelajaran.

Komponen-komponen silabus kelas 6 pada semester 1 saling terkait sehingga menghasilkan penyusunan yang sistematis sesuai K13 yang memiliki ciri khas masing-masing sekolah.

Format Silabus K13 SD

Upaya guru dalam merancang Revisi Kurikulum 2013 tentunya memberikan manfaat dalam mengembangkan kreativitas dalam menciptakan lingkungan belajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Terutama dalam melakukan penilaian sesuai aspek K13 yang mengacu pada kompetensi inti, inti dalam prestasi belajar siswa.

Format Silabus K13 SD

Guru tentunya harus memahami berbagai komponen penyusunan silabus 6 semester 1, seperti:

  1. Identitas: tulisan berupa nama sekolah, kelas, kelas, dll.
  2. Kompetensi Inti: mengarah pada kelulusan standar kompetensi untuk membentuk kualitas siswa
  3. Kompetensi inti: standar minimal yang harus dimiliki siswa untuk melanjutkan studi ke jenjang berikutnya
  4. Mata pelajaran inti: mata pelajaran yang diajarkan guru kepada siswa yang memuat mata pelajaran utama bidang studinya
  5. Kegiatan pembelajaran: ringkasan singkat tentang apa yang akan dilakukan guru di kelas
  6. Evaluasi: Metode guru untuk menilai hasil belajar siswa
  7. Alokasi Waktu: Perkiraan berapa lama waktu yang dibutuhkan guru untuk menyelesaikan materi pembelajaran utama

Download Silabus Kelas 6 Semester 1 K13

Kurikulum dikembangkan dengan menggunakan model Welkbed. Kegiatan pendidikan yang akan dilakukan siswa didasarkan pada berbagai mata pelajaran yang berbeda, seperti: matematika, bahasa Indonesia, PKn, seni, IPS, dan IPA.

Sedangkan materi pembelajaran utama untuk menetapkan Kompetensi Inti (KD) setiap mata pelajaran merupakan perpaduan pembelajaran dari setiap mata pelajaran dan sub topik yang saling berkaitan erat secara alamiah.

Kurikulum K13 Kelas 6 yang kami bagikan menggunakan format .doc (document). Jadi, jika Anda ingin melakukan modifikasi, silakan gunakan Microsoft Office atau yang serupa.

Silakan klik tombol Download berikut ini :

sampul

Download Button

Tema 1

Download Button

Tema 2

Download Button

Tema 3

Download Button

Tema 4

Download Button

Tema 5

Download Button

Demikian beberapa silabus diatas yang bisa anda download untuk membantu progam kegiatan belajar yang akan di pelajari, semoga bermanfaat. dan masih banyak silabus berbagai kelas langsng saja kunjungi Gudangjawaban.com.

  Silabus Kelas 2 Semester 1 dan 2 K13 Revisi Tematik
  Silabus K13 Semua Pelajaran Kelas 8 Revisi Terbaru
  Silabus Kelas 6 K13 Terbaru Semester 2

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA